Fazza Tech Mandiri, Karawang - Jawa Barat
Senin - Sabtu 08.00 - 17.00
Fazza Tech Mandiri, Karawang - Jawa Barat
Senin - Sabtu 08.00 - 17.00
Shopping Cart
  • No products in the cart.
  • Post Image
    06 Oct, 2022
    Posted by admin
    0 comment

    Cara Membuat Rangkaian Stop Kontak

    Cara Membuat Rangkaian Stop Kontak

    Berbicara tentang rangkaian stop kontak, hampir semua orang tahu karena sudah dipelajari sejak di bangku sekolah. Dalam pelajaran fisika, sudah diberikan pembelajaran tentang membuat salah satu rangkaian listrik, yaitu rangkaian stop kontak. Di mana instalasi listrik menggunakan stop kontak diterapkan dengan menggunakan kardus dan beberapa peralatan listrik. Kardus pun dimanfaatkan sedemikian rupa untuk praktek ini. Eits, tapi berbeda dengan cara membuat rangkaian stop kontak ini!

    Ada waktunya Anda butuh perbaikan dan pembuatan jalur listrik di rumah maupun gedung yang mayoritas terdiri dari rangkaian stop kontak, lampu, dan saklar. Saklar sendiri dimanfaatkan untuk menyalakan serta mematikan lampu. Stop Kontak berfungsi sebagai terminal merupakan sumber listrik untuk beragam perangkat elektronik. Nah, simak tentang cara membuat rangkaian stop kontak ini agar tidak bingung saat ada kerusakan listrik di rumah!

    Perlu diketahui, jika Anda perlu mengetahui jalur listrik sebelum beranjak ke membuat jalur baru atau memperbaikinya. Hal ini agar Anda tidak salah menghubungkan kabel ke terminal atau saklar serta mencegah adanya konsleting hingga tersetrum saat pengerjaan. Maka dari itu, Anda perlu memahami tentang komponen listrik mulai dari stopkontak serta saklar yang dihubungkan dengan rangkaian listrik.

    Dimulai dari cara menggabungkan stopkontak dengan rangkaian seri antaara baterai, lampu LED, serta saklar. Stopkontak sendiri merupakan sumber listrik perangkat elektronik yang membutuhkan aliran listrik secara terus menerus, jadi perlu merangkainya secara paralel dengan rangkaian sumber listrik utama. Disarankan menggunakan 3 kabel dengan kabel ke 3 adalah grounding, sehingga terminal tengah stopkontak dikaitkan dengan jalur ground. Dalam pemasangan atau perbaikan terminal matikan sumber listrik utama terlebih dahulu agar tidak terjadi konsleting dan tersetrum.

    Tentunya, dalam pemasangan lampu, saklar, dan stopkontak dibutuhkan satu saklar tunggal, stopkontak, fitting lampu untuk tegangan 220 VAC. Berlanjut memasang stopkontak yang umumnya terdiri dari stopkontak tunggal, yaitu stopkontak dengan satu terminal. Tak lupa stopkontak paralel yang terdiri beberapa terminal. Stopkontak ini akan dikaitkan secara paralel dengan sumber utama listrik.

    Hanya saja sedikit berbeda cara membuat rangkaian stopkontak tunggal maupun stopkontak paralel. Apabila stopkontak tunggal dimulai dengan membuka cover menggunakan obeng, lalu menghubungkannya pada terminal kiri serta kanan dengan jalur live serta netral dari sumber listrik utama. Tak lupa terminal tengah yang dikaitkan dengan jalur ground.

    Sementara pada kontak paralel tak jauh berbeda, Anda perlu membuka covernya terlebih dahulu dengan obeng. Lalu, menghubungkan jalur live dan netral di ujung terminal kiri serta kanan, dan terminal tengah dikaitkan dengan jalur ground. Namun, dalam stopkontak paralel ada clamp untuk kabel yang bisa membuat kabel di terminal tertahan serta mencegah terjadinya kabel terputus.

    Nah, setelah mengenal cara ini tentunya Anda tidak bingung lagi dalam membuat dan memperbaiki rangkaian stopkontak lagi. Apalagi menyambung rangkaian antara stopkontak dan saklar tidak sesulit yang dibayangkan. Eits, tapi buat yang takut terjadi sesuatu ada baiknya mencari tukang listrik, harga tukang listrik per titik pun tidak semahal yang dibayangkan karena masih terjangkau

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.*