Fazza Tech Mandiri, Karawang - Jawa Barat
Senin - Sabtu 08.00 - 17.00
Fazza Tech Mandiri, Karawang - Jawa Barat
Senin - Sabtu 08.00 - 17.00
Shopping Cart
  • No products in the cart.
  • Post Image
    27 Sep, 2022
    Posted by admin
    0 comment

    Jenis Jenis Kabel Serat Optik

    Mengenal Jenis-jenis Kabel Serat Optik hingga Kegunaannya

    Berbagai perlengkapan elektronik di sekitar kita biasanya terhubung menggunakan kabel. Salah satu jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus adalah kabel serat optik. Ada beberapa jenis-jenis kabel serat optik yang tersedia di pasaran.

    Kabel serat optik berguna untuk mentransmisikan sinyal listrik menjadi cahaya. Besar diameter kabel serat optik hanya berkisar 120 mikrometer saja. Optical Power Meter atau OPM adalah alat pengukur kabel fiber optik. Ada beberapa jenis-jenis kabel serat optik yang bisa Anda temukan. Berikut ini detail jenis-jenis kabel serat optiknya:

    Fiber Optik Single Mode

    Jenis-jenis kabel serat optik pertama adalah fiber optik tipe tunggal atau single mode. Jenis kabel serat optik yang satu ini melakukan transmisi cahaya secara tunggal dengan jangkauan yang cukup luas. Kabel optik single mode ini dapat mencapai jarak hingga 100km dengan kecepatan 1GB/detiknya.

    Fiber Optik Multimode

    Jenis-jenis kabel serat optik yang kedua adalah fiber optik multimode. Seperti namanya kita dapat mengetahui bahwa kabel ini mentransmisi listrik menjadi cahaya dengan ukuran yang lebih besar. Namun dengan ukurannya ini, fiber optik multimode hanya dapat menjangkau jarak yang pendek.

    Komponen Kabel Fiber Optik

    Komponen yang membentuk kabel fiber optik di antaranya bagian inti, bagian cladding, bagian coating, dan bagian outer jacket. Bagian inti adalah bagian yang berisikan bahan kaca yang sangat kecil. Semakin besar diameter inti kabel fiber optik, maka semakin baik kemampuan kabel fiber optiknya.

    Komponen cladding adalah pelindung untuk menyelimuti inti fiber optik. Cladding biasanya terbuat dari silicon sehingga juga dapat berfungsi sebagai pemandu gelombang cahaya yang ditransmisikan.

    Bagian coating adalah pelindung yang terbuat dari plastik. Bagian coating dipercaya untuk melindungi inti dan cladding dari lengkungan dan kelembaban udara.

    Bagian outer jacket atau bagian terluar kabel adalah komponen yang terbuat dari bahan isolator seperti karet. Outer jacket ini berfungsi untuk tiga komponen lainnya dari gangguan fisik yang sangat mungkin dialami oleh kabel.

    Kegunaan Tiap Jenis-jenis Kabel Serat Optik

    Seperti yang diungkapkan sebelumnya, ada dua jenis-jenis kabel serat optik yaitu fiber optik single mode dan fiber optik multimode. Tentunya tiap jenis yang berbeda ini memiliki kegunaannya masing-masing. Berikut ini penjelasannya:

    Fiber optik single mode yang punya keunggulan di jarak jangkauannya sangat berfungsi untuk kabel-kabel jarak jauh seperti layanan TV kabel, kabel telepon rumah, atau pun jaringan Local Area Network.

    Sementara itu, fiber optik multimode yang punya keunggulan pada kecepatannya. Oleh sebab itu, kabel fiber optik multimode biasa digunakan untuk keperluan komersial yang dibutuhkan banyak orang sekaligus.

    Demikian rangkuman singkat mengenai jenis-jenis kabel serat optik, komponen, dan kegunaannya masing-masing. Semoga bisa menjadi wawasan yang bermanfaat untuk Anda sekalian.

     

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.*